13 Juli 2012

Realisasi e-KTP Baru 4 Persen

0 Comments
TEMBILAHAN-Saat ini progress program e-KTP di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau sekitar 4 persen. Padahal, program Pemerintah Pusat tersebut sudah berjalan di Inhil sejak 23 Juni lalu.
"Progres program e-KTP sudah berjalan di 16 kecamatan dari 20 kecamatan se-Inhil Riau. Sementara di 4 kecamatan masih terkendala masalah teknis, seperti jaringan,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, H Dianto Nampanini kepada wartawan, Rabu (11/7).

Selain itu, Dianto mengharapkan, seluruh kecamatan dapat untuk terus bisa mengesa target pencapaian pelaksanaan rekam data e-KTP di Inhil. “Kita akan mengadakan rapat khusus bersama seluruh pihak kecamatan untuk mengevaluasi terhadap progress pelaksanaan perekaman e-KTP ini,” ujarnya.
Disinggung mengenai kendala yang dihadapi, Dianto menyebutkan, salah satunya masalah jaringan dan ketersediaan listrik di setiap posko perekaman data e-KTP.

“Selain jaringan, kita juga terkendala dengan ketersediaan listrik yang tidak dapat tersedia selama 24 jam. Sebab, di 4 kecamatan tersebut masih menggunakan dan mengandalkan mesin diesel yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Kita sudah melakukan perbaikan-perbaikan, seperti Kecamatan Teluk Belengkong, Batang Tuaka, Sei Batang dan Reteh,” paparnya.
Ditambahkannya, target perekaman data hingga akhir tahun 2012 nanti, terancam tidak terealisir. ”Ini kategori lambat. Sebab, sampai saat ini baru berjalan 4 persen lebih. Namun keterlambatan tersebut bukan dari pelaksanaan di daerah, melainkan kedatangan alat perekam data dari pusat yang terlambat hampir 4 bulan,” jelasnya.

Menurutnya, kendala utama lambatnya pembuatan e-KTP adalah kinerja alat rekam data berupa server, iris mata dan sidik jari yang terus bermasalah.

Sementara itu, ia juga mengakui, rekam data e-KTP ini mengalami hambatan karena hanya tersedia 2 alat rekam ditiap kecamatan. Untuk itu, Dianto minta masyarakat bersabar, terutama yang belum menerima undangan. (mg05)


Situs Berita Aktual Padang , Riau dan Kepri

0 Comments:

Posting Komentar