13 Juli 2012

Pemko Serahkan Penyelesaian ke Pemprov Riau

0 Comments

DUMAI-Pemko Dumai Riau menyerahkan sepenuhnya kepada Pemprov Riau, terkait konflik perbatasan Dumai-Rokan Hilir. Saat ini, kondisi di kawasan itu semakin meruncing. Karena itu, Pemprov Riau diharapkan segera turun tangan menyelesaikan masalah itu. Menurut Sekdako Dumai, H Said Mustafa, Pemko Dumai tidak akan meninggalkan warga Dumai di perbatasan tersebut. Pemko Dumai tetap intens melakukan koordinasi dengan Pemprov Riau agar masalah itu bisa diselesaikan secepatnya.

"Penyelesaian persoalah tapal batas merupakan wewenang Gubernur Riau. Jadi kita minta Pemprov Riau segera turun tangan menyelesaikan konflik ini," ujarnya, Selasa (10/7).

Ditambahkannya, Walikota Dumai Khairul Anwar dan Wakil Bupati Rohil Suayatno telah pernah bertemu dan membahas permasalahan tersebut. Kedua belah pihak juga sepakat penyelesaian konflik tersebut merupakan ranahnya Gubernur Riau. Selain menempuh jalur pemerintah, jalur politik juga ditempuh, yakni dengan melibatkan legislatif dua belah pihak. 

Namun terkiat pedoman alas hak wilayah, Pemko Dumai tetap memegang teguh Undang-Undang 16 Tahun 1999 tentang Pemekaran Dumai dari Kabupaten Induk Bengkalis.

"Supaya tercipta suasana dan kondisi aman kondusif, kita minta warga untuk saling menahan diri dan tidak terjebak dalam sistem provokasi yang sengaja dibuat untuk memanasi situasi. Percayalah bahwa pemerintah tidak berdiam diri, namun telah berupaya sekuat tenaga. Akan tetapi membutuhkan proses waktu," terangnya.

Sebelumnya, Pemprov sudah meletakkan tapal batas dua daerah, namun belum selesai karena kesulitan menjangkau wilayah dan cukup berbahaya menembus perairan dan kawasan hutan. (zak)

Situs Berita Aktual Padang , Riau dan Kepri

0 Comments:

Posting Komentar