13 Juli 2012

Jalan Raya Sei Akar-Bagan Jaya Riau Rusak

0 Comments
RENGAT-Kondisi Jalan Raya Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu Provinsi Riau hingga Desa Bagan Jaya, Kabupaten Inhil, saat ini rusak parah. Kondisi itu terlihat jelas sepanjang 65 km di jalan lintas yang lebih dikenal dengan sebutan Jalan Lintas Samudera (Jalinsam) atau Jalan Lintas Selatan (Jalinsel).
Yang lebih parah, dari simpang Km 8 hingga Desa Sincalang Inhil, tidak ditemukan lagi badan jalan yang beraspal. Kondisi ini terjadi dinilai aktivitas truk angkutan batubara PT Riau Baraharum (RBH) ke Pelabuhan Mumpa, Inhil.

“Padahal beberapa tahun yang lalu, mulai dari Simpang Granit sampai Simpang Km 8 Desa Bagan Jaya kondisi jalan cukup mulus setelah diaspal melalui proyek multiyears,” kata tokoh pemuda Desa Kuala Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal, Syafriadi, Selasa (10/7).

Namun sekarang, lanjutnya, kerusakan jalan mulai terlihat dari Simpang Granit yang menghubungkan Jalinsam dengan Jalan Lintas Timur (Jalintim). Di titik ini, jalan dipenuhi lobang dan aspal banyak yang terkelupas. Kondisi ini bisa ditemukan hingga ke Desa Danau Rambai Kecamatan Batang Gansal atau perbatasan Inhu dengan Inhil.

 Jalan yang rusak parah juga bisa ditemukan mulai dari Desa Danau Rampai, Sincalang sampai Simpang Kuala Enok Inhil.
Diungkapkan, jika dahulunya jalan tersebut beraspal, tapi sekarang tidak ubahnya seperti kubangan kerbau. Anehnya lagi, tidak ada lagi aspal yang bisa dijumpai mulai dari perbatasan Inhu-Inhil tersebut sampai ke Km 8 Desa Bagan Jaya. Selain berlobang, jalan akan dipenuhi debu saat panas. Sementara jika hujan turun, jalan becek dan berair, permukaan jalan sangat licin.

Padahal, Jalinsam merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan Inhu-Inhil. Di sepanjang ruas jalan itu, terdapat puluhan desa di dua Kabupaten yang sangat menggantungkan hidup mereka terhadap Jalinsam.

Menurutnya, kerusakan itu muncul akibat aktivitas truk pengangkut batubara yang setiap hari melintasi ruas jalan itu. Jumlahnya bisa mencapai ratusan unit. Sementaran hingga kini belum tampak ada upaya pemerintah maupun perusahaan memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut. 

Menyikapi hal ini, anggota Komisi C DPRD Inhu, Deari Zamora mengaku sangat menyangkan kondisi itu. Apalagi mengingat Jalinsam merupakan urat nadi ekonomi masyarakat puluhan desa yang bermukin sepanjang jalan itu.

Terlepas dari wilayah Inhu maupun Inhil, maka diharapkan pada Pemprov Riau untuk segera memperbaiki Jalinsam secepatnya, sebab kerusakan Jalinsam belakangan ini semakin parah.


Situs Berita Aktual Padang , Riau dan Kepri

0 Comments:

Posting Komentar