14 Juni 2013

Lima Jenis Kudapan Khas Padang

2 Comments


Padang sumatera barat yang notabene saat ini sudah sangat ter”image”kan dengan pencipta rendang dengan rasa yang sangat fantastis ataupun Dendeng Sapi Kuliner Andalan Minang ternyata juga tidak kalah rasa untuk beberapa jenis kudapannya. Kuliner Minangkabau sangat bervariasi dan sangat kaya akan aroma rempah-rempah asli Indonesia. 

Berikut 5 jenis kudapan khas di padang yang sangat membuat “tabiak salero” :

  1. Keripik Sanjai ( Karipiak Sanjai Balado)
Keripik yang dibuat dari bahan dasar singkong ini dibuat melalui proses yang teliti. Ke khas-an rasa dari keripik sanjai ini terutama berasal dari rasa pedas cabainya dan sudah barang tentu singkongnya dan pengolahan singkong pada saat proses di goreng




  1. Galamai
Kudapan galamai ini mungkin banyak dari sebagian kita tidak mengetahui namanya atau bahkan memang tidak pernah mencicipi kudapan ini. Bagi anda yang tinggal di Jakarta atau di daerah bogor ataupun bandung pada saat melihat kudapan ini mungkin bisa menganggapnya seperti dodol, warna coklat tua mengkilat karena memang kudapan ini sangat akan terasa minyaknya pada saat kita mencicipinya karena menggunakan santan kental.





  1. Kue Sapik ( Kue Semprong)

Semprong yang satu ini bukan sembarang semprong J bukan di digunakan sebagai penutup lampu temple dan juga bukan berbahan kaca tapi semprong ini bisa di kunyah dan berbahan dasar tepung beras dan rasanya manis dan sudah tentu garing.





  1. Sarang Balam

Nah kudapan yang satu ini salah satu makanan kudapan favorit saya, selain rasanya manis juga saat cocok jika di cicipi pada saat sore hari dan di hidangkan bersama dengan kopi susu J memang tidak semua kudapan jenis ini memliki rasa manis yang sama karena biasanya gula merah yang di gunakan sebagai pencampur manis kudapan ini memiliki rasa yang berbeda- beda.





  1. Bolu Ikan

Sekilas dari nama jenis kudapan ini kita akan mengira bahwa kue bole ini ada campuran bahan dari ikan atau beraroma ikan. Tapi tenang saja bagi anda yang tidak menyukai rasa amis ikan  atau lainnya, kue bolu ikan ini hanya bentuknya saja seperti ikan namun rasanya ya tetap seperti kita memakan kue bolu. Sangat cocok di hidangkan bersama keluarga dan kue bolu ikan ini juga dapat bertahan cukup lama asal tetap di tempatkan di dalam lemari es namun jangan di tempatkan di freezer.





So jangan lupa jika anda berkunjung ke padang sumatera barat kudapan diatas dapat anda jadikan referensi untuk anda bawa sebagai oleh- oleh untuk anda bagikan ke keluarga atau pun teman anda (ydq)

2 Comments:

Fahmi Anhar mengatakan...

Salam kenal kak Fahira & Fathan
Kunjungan balik nih :)

Cemilan & kuliner Padang emang enak2 bangets
dan aku salah dong buka postingan ini jam segini
jam ngemil di kubikel....
tapi toples lagi kosong
jadi cuma menatap nanar foto di layar

Pekanbaru Sore Hari mengatakan...

Sadaaappp menatap nanar itu dalem bangets ya apalagi malem-malem mau keluar udah tutup semua tukang jajanan hehehe,,iyo salam kenal juga Mas Fahmi thanks sudah mampir :)

Posting Komentar