19 Maret 2013

Nasi Kapau Padang Vs Warung Tegal

0 Comments

Warung padang, sebutan yang sangat sudah sangat tidak asing lagi di telinga kita baik masyarakat ibukota dan juga masyarakat internasional. Fenomenal ini juga tidak lepas dari peran serta salah satu menu hidangan yang ada di masakan padang. Ya sebut saja rendang. Menu hidangan khas minangkabau sumatera barat ini memang sulit sekali dilupakan sama seperti halnya warung tegal yang sangat khas dengan masakan orek tempe kecapnya.

Rendang selain rasa khas pedasnya dengan racikan bumbu rempah- rempah hasil bumi Indonesia dan beberapa racikan santannya sangat membuat lidah warga mancanegara berdecik. Selain dari pada rendang juga ada beberapa menu hidangan khas sumatera barat yang tidak dapat dilupakan, berikut 5 hidangan khas nasi kapau padang seperti :

  1. Dendeng Batokok
Dendeng empuk yang dihasilkan dari proses pembuatannya khususnya hasil tangan pemasak- pemasak minang ini sangat menggiurkan cita rasanya.



  1. Kepala Ikan Kakap
Hidangan ikan kakap merah dengan bumbu kunyit dan tetntunya rasa pedas cabai rawit atau dalam bahasa minang disebut “lado kutu” sangat memberikan nuansa dan warna dari seluruh masakan padang yakni : PEDAS



  1. Belut Goreng
Memang sangat banyak sekali restoran yang menyajikan hidangan belut goring namun akan sangat berbeda jika anda menikmati hidangan tersebut didalam rumah makan padang karena di kombinasikan dengan bumbu- bumbu santan yang sedap rasanya.



  1. Ayam Bakar
Berbeda dengan ayam bakar masakan jawa dan masakan lainnya yang sedikit agak terasa manis karena memang sengaja diberikan sentuhan kecap manis pada saat melakukan pembakaran ayam tersebut. Namun sangat jauh berbeda jika anda melihat proses pembuatan ayam bakar nasi kapau minang karena pembakaran menggunakan batok kelapa agar memiliki cita rasa alami dan tentunya tanpa sentuhan kecap manis.



  1. Gulai Cubadak
Ini pelengkap hidangan yang tidak kalah fenomenalnya dengan rendang. Cubadak juga sama bisa diartikan dalam bahasa Indonesia yakni nangka. Entah bagaimana asal muasalnya diberikan nama cubadak J namun hidangan ini sudah sangat melekat sekali dengan orang padang.



Semoga daftar masakan dan hidangan nasi kapau minang diatas dapat memberikan perbendaharaan kita dan semakin mencintai kuliner Indonesia (YdQ)

0 Comments:

Posting Komentar