14 Juni 2013

Lima Gunung tertinggi Di Sumatera

3 Comments
Bagi sebagian anda pasti memiliki profesi dan hobi yang berbeda- beda. Hampir sebagian pula yang memiliki profesi dan hobi yang hampir sama dan sangat cocok dijalankan secara bersama- sama seperti misalnya profesi jurnalistik dalam mencari berita terbaru tentang panorama alam di padang sumatera, ataupun travel blogger yang "passionnya" berbagi cerita liburan dalam bentuk artikel wisata ataupun traveling articles yang berbahasa inggris. 

Panorama alam di sumatera memiliki keberagaman yang sangat berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Hal tersebut juga dapat kita lihat dari jenis alam dan kontur seperti misalnya di padang sumatera yang terdiri dari banyak punggungan bukit dan gunung. Berikut lima gunung tertinggi di sumatera :

1. Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

Gunung kerinci yang merupakan berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Merupakan gunung yang terletak di provinsi Sumatera Barat dan Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.

Pengunjung dan penikmat wisata dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.



2. Gunung Leuser (3.404 mdpl)

Gunung ini merupakan gununbg tertinggi di Provinsi Aceh. Gunung Leuser terletak di sebelah tenggara Aceh, dekat perbatasan dengan Sumatera Utara. Gunung Leuser terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser yang mengambil nama gunung ini sebagai namanya. Sedangkan Taman Nasional Gunung Leuser dan area disekitarnya dikenal dengan nama Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.


3. Gunung Dempo (3.159 mdpl)

Terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu. Untuk mencapai desa terdekat, terlebih dahulu anda harus mencapai kota Pagar Alam, kurang lebih 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dari ibukota Sumatera Selatan ini tersedia banyak bus ke arah Pagar Alam. Atau apabila anda dari Jakarta, sebelumnya dapat menumpang bus jurusan Bengkulu atau Padang, dan turun di Lahat.
Kota Pagar Alam, memang sesuai dengan namanya, kota ini jelas dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi dari barisan tersebut adalah Gunung Dempo. Gunung ini sangat indah menjulang tegak menggapai langit nan biru apabila dilihat pada pagi hari.


4. Gunung Bandahara (3.030 mdpl)

Gunung ini terletak di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,Indonesia. Jarak dari kota Blang Kejeran ibukota Kabupaten Gayo Lues sekitar 50 ke arah tenggara - timur, sedangkan jarak dari kota Kutacane ibukota Kabupaten Aceh Tenggara sekitar 35 km arah utara - barat laut.

5. Gunung Talamau (2.920 mdpl)

Gunung ini dengan tipe gunubg api tidak aktif di sebut juga Gunung Ophir adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, berdampingan dengan Gunung Pasaman.



Jadi bagi anda yang sangat menggemari aktifitas alam bebas, anda bisa sesekali waktu menyempatkan liburan panjang anda untuk dating ke salah satu dari lima gunung tertinggi di sumatera ini (ydq)

3 Comments:

ace maxs mengatakan...

wowwwww tinggi-tinggi amat ya,
oia gan, kalo gunung tangkuban perahu rata-rata tingginya kira-kira berap?
terimakasih ya ;)

Unknown mengatakan...

wowww tinggi bangettt (y)

mampir yaaa http://mobildatsunbandung.com/

Unknown mengatakan...

kalo di insonesia sensiri selain di sumatera apa saja namagunung tertinggi itu gan?
terimakasih ;)

klick here http://obatdiabetesalamijg.com/

Posting Komentar