15 September 2012

Wisata Air Terjun di Jemaja Anambas

0 Comments

ANAMBAS - KEPRI (HK)- Setiap daerah memiliki potensi wisata alam yang menakjubkan. Seperti wisata Air Terjun Neraja di Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas Kepulauan Riau.  Objek wisata  ini memiliki dua kolam besar yang dapat menampung keinginan pengunjung untuk berendam di air yang sejuk dan alami tersebut.
"Air Terjun Neraja ini ramai dikunjungi masyarakat Jemaja di akhir pekan, terutama hari Minggu. Selain itu juga pendatang yang sengaja datang dari luar Anambas, mengunjungi air terjun ini," kata Tono, pengunjung Air Terjun Neraja, akhir pekan lalu.

Tono mengungkapkan, ketenangan dan kejernihan air yang ada di Desa Ulu Maras, Jemaja Timur ini, sangat menarik untuk dikunjungi. Karena dikelilingi hutan di sekitarnya. Sehingga tempat ini menjadi wisata alam yang menawarkan ketenangan bagi pengunjung.

"Alamnya masih terjaga dan air mengalir dengan deras. Tempat ini nyaman sekali untuk wisata dengan keluarga. Berenang dan makan bersama keluarga mengasyikan di sini. Setelah seminggu sibuk dengan aktifitas," tutur Tono.

Pulau Jemaja merupakan pulau terbesar di Anambas dengan hutan bebatuan yang mengeluarkan banyak sumber air.  Air Terjun Neraja  berasal dari mata air yang mengalir di bebatuan yang bertingkat, sehingga air terjunnya sangat deras.

Aliran sungai dari air terjun ini membentuk dua kolam besar yang menampung air, yang sering dijadikan tempat mandi bagi pengunjung.

"Air terjun yang mengalir di bebatuan ini sangat jernih," tutur Teh Ni, pengunjung lainnya.
Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Raja Ishak menyampaikan, objek wisata Air Terjun Neraja yang terletak di Kecamatan Jemaja Timur merupakan salah satu keindahan alam yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

"Jemaja Timur memiliki satu objek wisata alam air terjun yang sangat jernih dan didukung oleh keindahan alamnya. Ini merupakan karunia Tuhan bagi wilayah Anambas yang sangat potensial dan memiliki banyak potensi wisata," katanya.

Ishak mengharapkan, agar masyarakat Jemaja Timur dapat menjaga hutan-hutan di sekitar air terjun tersebut. Karena potensi objek wisata ini akan menjadikan Jemaja Timur sebagai daerah teknowisata di samping sebagai pelabuhan kapal besar ke depannya.

"Jemaja Timur memiliki potensi pelabuhan yang disinggahi kapal-kapal besar. Pengunjung akan banyak singgah di daerah ini. Kita berharap masyarakat dapat menjaga wisata alam air terjun ini. Dengan menjaga hutan tetap asri, supaya pasokan air terjun ini terjaga dan tidak kering. Sehingga pengunjung semakin meningkat tiap tahunnya, dalam rangka menuju Jemaja Timur sebagai kota teknowisata," pungkasnya (yul)

Situs Berita Aktual Padang , Riau dan Kepri

0 Comments:

Posting Komentar