15 September 2012

Kinerja Polisi Dipertanyakan

0 Comments

Komnas HAM Investigasi Kasus Planet
LUBUK BAJA (HK)- Kinerja pihak kepolisian dalam kasus bentrokan yang terjadi di depan Hotel Planet Holiday Batam Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu patut dipertanyakan.

Pasalnya, jatuhnya korban jiwa dalam bentrokan tersebut terjadi di tengah-tengah keberadaan sejumlah aparat kepolisian yang mencoba melerai bentrokan tersebut.

Namun demikian, keberadaan sejumlah aparat tersebut tanpa mampu berbuat banyak dan hanya memberikan tembakan peringatan.

Demikian disampaikan Komisioner Komnas HAM, Jhoni Nelson Simanjuntak saat ditemui di bilangan Baloi Batam Kepri, di sela-sela kunjungan kerjanya ke Batam, Kamis (3/9).

"Kinerja kepolisian patut dipertanyakan, karena informasi yang kita himpun, terjadi pembantaian di tengah-tengah keberadaan sejumlah aparat kepolisian," demikian disampaikan Nelson kepada sejumlah media di Batam.
Namun demikian untuk memastikan ada tidaknya pelanggaran HAM dalam kasus Planet berdarah, lanjutnya, ia bersama timnya akan mengumpulkan sejumlah bukti-bukti di lapangan, baik bukti material maupun bukti-bukti berupa keterangan dari sejumlah pihak.

"Kami masih kumpulkan bukti-bukti. Nanti hasilnya akan kami sampaikan," tambahnya.
Pertanyaan yang patut dilayangkan, kata Nelson, kenapa pihak kepolisian tidak mampu menghentikan keberingasan kedua kubu waktu itu, padahal saat awal kejadian mereka sudah berada di lokasi. Terlebih lagi menurutnya, sebelum ada pergerakan massa di lokasi sengketa sudah terjadi pergerakan massa. Sehingga harusnya menjadi perhatian dan pada akhirnya dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
"Selain terkesan ada pembiaran, mereka juga sangat lamban dalam mengantisipasi terjadinya bentrokan," ujar pria asli Medan ini.

Menurutnya, ketika ada kumpulan massa di lokasi yang dipersengketakan, seharusnya intel-intel yang ada sudah memberikan laporan dan segera ditindaklanjuti oleh atasan mereka dengan memanggil para pihak yang bertikai. Tapi kenyataannya ini sama sekali tidak ada tindakan dari polisi dan pada akhirnya terjadi satu bentrok antara kedua kubu.

Masih kata Nelson, seharusnya dalam kasus tersebut pihak kepolisian juga tidak melihat secara gamplang bentrokan tersebut, tetapi seharusnya melihat sebab kenapa bentrokan tersebut bisa terjadi. Dari mana awal mulanya, apa yang menjadi pemicunya, seharusnya ini semua harus diungkap.

Untuk itulah, Komnas HAM dalam hal ini akan melakukan investigasi secara mendalam dalam kasus ini, meskipun dalam kunjungannya kali ini ke Batam, ada sejumlah kasus lain yang menjadi perhatian mereka. (ays)

Situs Berita Aktual Padang , Riau dan Kepri

0 Comments:

Posting Komentar