15 September 2012

Ribuan Rumah di Batam Dapat Bantuan BSPS

0 Comments

BATAM (HK) - Sebanyak 1.576 rumah di Kota Batam disetujui mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Perumahan Rakyat. BSPS ditujuan kepada masyarakat berpenghasilan rendah agar mampu membangun atau meningkatkan kualitas rumah.
Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Kota Batam Kepri, Gintoyono mengatakan, sebenarnya, tahun ini Batam mengajukan permohonan BSPS sebanyak 3.000 rumah.

"Kita usulkan ke pusat sekitar 3.000 pemohon, namun setelah proses verifikasi yang disetujui sebanyak 1.576 unit rumah," ujar Gintoyono usai mengikuti acara penandatangan kerjasama antara Deputi Bidang Perumahan Swadaya Kemenpera, Jamil Ansari dengan Walikota Batam Ahmad Dahlan di Jakarta, Kamis (13/9).

Kata Gintoyono, untuk program BSPS, penerima akan diberi bantuan maksimal sebesar Rp6 juta yang langsung dikirim ke rekening penerima melalui Bank BRI. Disebutkan, kriteria yang bisa mendapatkan bantuan ini di antaranya, merupakan rumah satu satunya yang dimiliki dengan kondisi tidak layak (rusak), luas lantai rumah minimal 36 m2 dan paling tinggi 45 m2, kejelasan lahan, tidak dalam sengketa dan pemiliknya berpenghasilan rendah.

Di tempat yang sama, Walikota Batam  Kepulauan Riau Ahmad Dahlan mengatakan, program BSPS ini sangat bermanfaat dan sangat membatu daerah dalam penyediaan rumah yang sehat dan layak bagi masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah. Sangat mendukung karena dikelola secara swadaya masyarakat, sedangkan pemerintah daerah hanya membantu dalam perencanaan, pengawasan dan administrasi.

"Kegiatan ini mirip dengan PNPM, namun lebih difokuskan pada penyediaan rumah masyarakat berpenghasilan rendah," ujar Dahlan sembari berharap program ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat di Batam.

Sementara Jamil Ansari mengatakan, program ini merupakan program nasional untuk membantu daerah dalam penyediaan rumah layak huni dan sehat bagi masyarakat. Jamil mengatakan untuk tahun ini telah dilaksanakan sebanyak 24.000 unit rumah dengan anggaran mencapai Rp149 miliar dan akan diusulkan 500.000 unit di tahun 2013 mendatang. (r/ybt)

Situs Berita Aktual Padang , Riau dan Kepri

0 Comments:

Posting Komentar