Seiring dengan ketatnya persaingan bisnis terutama di
Indonesia yang saat ini sangat banyak sekali mengandalkan bermacam- macam promotion channel (media promosi) tidak ketinggalan pula
peran social media dan online promotion lainnya.
Namun satu yang saat ini masih bertahan adalah media
promosi dalam bentuk cetak yang saat ini masih di dominasi oleh Digital Print. Masih
banyak sekali informasi mengenai cara mengetahui kualitas media promosi cetak
ini. Namun yang perlu kita ketahui dalam langkah awal melakukan dan mengambil
langkah dalam menentukan promosi apa yang baik untuk perusahaan anda.
Ada beberapa channel promotion yang perlu anda ketahui
dahulu sebelum mengambil langkah tersebut. Biasanya pengkategorian media
promosi dibagi 2 yaitu :
1. Above
The Line (ATL) yang pada umumnya di visualisasi dalam bentuk cetakan digital
print di media kertas dan kain (poster, pamflet, flayer, standing banner, booklet,
katalog , baleho, spanduk, banner, billboard , baju seragam operasional, topi dan
media terkecilnya sampai saat ini adalah kartu nama ) namun untuk TV Iklan
dalam bentuk TVC, Iklan Radio dalam bentuk adlips dan Iklan Website dalam
bentuk ads dan banner yang biasanya penghitungannnya menggunakan impression dan clicktrough juga di klasifikasikan dalam kategori ATL
2. Below
The Line (BTL) iklan ini biasanya berupa pameran, exhibition, ground breaking,
launching event, off air event dan lainnya. Untuk Below The Line saat ini yang
mungkin masih banyak sis yang bisa dilakukan mixed and combine misalnya CSR perusahaan dalam bentuk kegiatan
social (donor darah, sunatan massal dll)
Dari
pengkategorian ini semoga dapat menambah informasi anda dalam menentukan pengambilan
promosi yang baik untuk perusahaan anda guna meminimalisir cost budgeting. (ydq)
0 Comments:
Posting Komentar