Otomotif memang tidak terlepas dengan gaya
hidup dan teknologi. Konsumsi bahan bakar tidak melulu ditentukan oleh
kapasitas mesin. Tidak ada hukum, makin besar kapasitas mesin, makin boros
konsumsi bahan bakarnya. Dengan perkembangan teknologi, asumsi tersebut
dipatahkan.
Contohnya, harga Toyota Kijang Innova bensin
sebagai mobil keluarga yang paling popular. Kendati kapasitas mesinnya 2.000
cc, lebih besar dibandingkan Kijang Kapsul, 1.800 cc, Innova justru lebih irit.
Padahal dari segi dimensi, Innova juga lebih besar. Berdasarkan rekomendasi
berikut anda bisa memilih
kendaraan yang irit bahan bakar
Lebih
Aerodinamis
Dua faktor utama, bodi Innova lebih aerodinamis
dibandingkan dengan Kapsul. Bagian depan Innova lebih landai atau istilah
kerennya, streamline, dibandingkan Kapsul. Di samping itu, permukaan bodinya
juga lebih rata dan mulus.
Dengan demikian, ketika kendaraan melaju, hambatan
angin jadi lebih rendah. Tenaga yang diperlukan untuk bergerak tidak terlalu
besar. Alhasil, jumlah bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan
bisa dikurang. Istilah lainnya, konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.
Mesin Canggih
Faktor kedua adalah cara kerja atau teknologi mesin
plus komponen pemindah daya seperti transmisi. Untuk memasok bahan bakar ke dalam
mesin, Innova menggunakan sistem injeksi, sedangkan Kapsul karburator.
Hebatnya lagi, kerja mesin dikontrol oleh komputer.
Dengan cara ini, kebutuhan mesin akan bahan bakar diatur sesuai dengan beban
kerjanya. Saat lambat atau muatan ringan, jumlah bahan bakar yang dipasok
sedikit. Sebaliknya, pada kecepatan tinggi, jumlah bahan bakar yang dipasok
lebih banyak.
Bahan bakar dipasok dengan cara menyemprotkannya ke
ruang pada katup mesin. Di sini bahan bakar atau bensin dicampur bersama udara
yang dihisap oleh mesin. Di dalam mesin, udara dan bensin terus bercampur lebih
'akrab' lagi. Setelah itu, dimampatkan (kompresi), dibakar dengan menyulutnya
melalui percikan bunga api yang dihasilkan oleh busi. Kemudian, terjadi ledakan
yang mendorong piston dan menggerakan mesin dan selanjutnya dipindahkan ke
transmisi dan roda.
Keunggulan sistem injeksi, bensin dipasok ke mesin
dengan takaran yang telah ditentukan berdasarkan berbagai kondisi di sekitar
mesin. Termasuk banyaknya udara yang dihisap mesin, suhu mesin dan berbagai
parameternya.
Adapun pada mesin yang masih menggunakan karburator,
bensin diisap berdasarkan bukaan katup gas yang dioperasikan melalui pedal gas.
Komposisi campuran bisa saja tidak pas dan sulit diatur sesuai dengan kondisi
kerja mesin.
Teknologi lainnya pada mesin Innova adalah Variable
Valve Timing-Intelligent (VVT-i). Dengan teknologi ini, campuran bensin dan
udara yang masuk ke mesin disesuaikan dengan kondisi kerja putaran dan beban
mesin.
VVT-i memungkinkan mesin menyedot jumlah campuran
udara dan bensin dengan mengatur waktu buka dan tutup katup isap secara optimal
dengan memanfaatkan komputer. Udara mengalir ke dalam mesin secara efisien.
0 Comments:
Posting Komentar