27 November 2012

Tips Mengisi BBM di Pom Bensin Yang Baik

1 Comments
Bagi para pemilik kendaraan bermotor, pastilah pernah merasa kecewa saat mengisi bensin di Pom Bensin (SPBU).

Berikut tips untuk mengisi di Pom Bensin yang bagus :
  • Perhatikan Kode Plang Pertamina, LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1) karena tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing yang berbeda- beda setiap areanya misalnya untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan. Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalau kepala 5 kayaknya Surabaya. Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer. Jadi yang penting angka keduanya 1, tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah .

Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. 
  • Pertama COCO : Corporate Owner Corporate Operate
  • CODO yakni Corporate Owner Dealer Operate.
  • DODO, Dealer Owner Dealer Operate. Ini berdasarkan pada situs http://spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang dan disarankan mengisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality controlnya cukup bagus.

Informasi dari beberapa supir taksi dan orang- orang yang telah pengalaman mengecheck pada saat mengisi bensin untuk yang kode 31 (Angka Kedua 1) takarannya biasanya sesuai sedangkan yang 34 agak sedikit berbeda meskipun punya tanda "PASTI PAS".
Menurut sebagian banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.

Bagaimana cara membuktikannya:

Coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya. Jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya

Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut, di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi. Ini sudah saya buktikan sendiri.

Perhatikan angka digit keduanya

Coba anda mengisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1) dan pom bensin 34, bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).

Coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1)karena mereka juga banyak mengisi di pom bensin 31
Kalo tidak percaya bisa dibuktikan sendiri anda, tapi tidak semua 34 juga tidak seperti itu.
  • TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernahkah saat anda mengisi bensin, tuas handle ditekan-tekan begitu oleh petugasnya? Pasti kita pernah melihatnya. Kenapa begitu? Karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.
Sejauh pengalaman mengisi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1), petugasnya tidak pernah menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 silahkan bisa dibandingkan. Kalau anda sewaktu ngisi bensin "digituin", segera tegur petugasnya.
  • ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.

Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena temperatur

  • ISI BENSIN SAAT TANGKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi, tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.

  • JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truk ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tangki kendaraan anda.

Sebaiknya jika anda merasa ragu akan hal ini silahkan bisa coba menghubungi Agen BBM di sekitar lokasi Anda tinggal

1 Comments:

Lalu Saparudin mengatakan...

Terima kasih pengalaman mengisi BBM nya yang diberikan, sangat berguna bagi kami, sebab seringkali saya beradu mulut dan yang jelas paling sering grundel tapi malas bicara soal isi mengisi BBM di SPBU, emang lebih sering menyebalkan sih............., makash.

Posting Komentar